Kamis, 01 Desember 2016

Trend SI/TI di Masa Depan dan Bidang Bisnis

1. Trend SI/TI di Masa Depan

Sebagai awal perenungan, ada baiknya kita menengok visi TI secara umum, tanpa muatan lokal. Masa awal internet, tahun 1990-an, ditandai dengan lahirnya berbagai visi teknologi informasi masa depan yang pada umumnya digambarkan sebagai berikut: “Komputer ada di mana-mana, semakin portable dan mobile". Di sisi lain, seluruh peralatan yang menunjang kehidupan manusia akan mengandung komputer yang embedded. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Internet akan mengandung informasi yang berlimpah. Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani seluruh kebutuhan manusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang sangat minimum. Dua hal kunci adalah: cyberspace atau dunia virtual, anytime anywhere access dan minimalisasi aktifitas fisik.



a. Ekonomi API

API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari program itu.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.
 

b. Pemasaran Dimensi

Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran memiliki dua dimensi, yaitu dimensi saat ini dan dimensi yang akan datang. Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya. Sedangkan dimensi masa yang akan datang mencakup hubungan dimasa yang akan datang yang diharapkan terjalin dengan program tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menantang tiga konsep seperti konsep produksi, konsep produk, dan konsep penjualan. Pemikiran dasarnya terwujud pada pertengahan 1950-an. Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keiginan pasar sasaran.

c. Robot Manusia

Kata “robot” diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki arti “pekerja” (worker). Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Jika sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium ataupun dimanfaatkan untuk kepentingan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan yang tajam, saat ini robot telah digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja dibidang sains, tetapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer. Secara sadar atau tidak, saat ini robot telah “masuk” dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis. Ada jenis robot sederhana yang dirancang untuk melakukan kegiatan yang sederhana, mudah dan berulang-ulang, ataupun robot yang diciptakan khusus untuk melakukan sesuatu yang rumit, sehingga dapat berperilaku sangat kompleks dan secara otomatis dapat mengontrol dirinya sendiri sampai batas tertentu.

d. Pekerja Bagi Teknologi Informasi di Masa Depan

Di antara semua jenis pekerjaan lainnya, pekerjaan di bidang teknologi dan informasi (IT) dianggap sebagai profesi yang benar-benar memiliki prospek karir yang lebih baik. Demikian hasil survei terbaru yag dilaporkan Harris Interactive selama kuartal pertama tahun ini.


Dari hasil surveinya itu, data Harris menunjukan, 35 persennya percaya, dari semua jenis lowongan pekerjaan yang ada, pekerjaan di bidang IT jauh lebih banyak dan akan terus meningkat. Mereka yang dari lulusan IT, umumnya tak akan khawatir bakal terlalu lama menganggur.

Lalu, seperti dikutip dari ZDNet, 46 persen dari pekerja IT yang disurvei Harris juga merasa percaya diri, mereka bisa dengan mudahnya mendapat pekerjaan baru. Hal ini juga berlaku bagi mereka lulusan IT yang masih fresh graduate.

Hal ini juga didukung oleh data pada April 2014 yang dirilis oleh US Bureau of Labor Statistics bahwa tingkat pengangguran dari lulusan IT di Amerika Serikat sendiri hanya 2,7 persen. Angka tersebut jauh di bawah rata-rata semua jenis pekerjaan yang ada, mencapai 6,7 persen. Terlebih pada 2022 mendatang, diperkirakan bakal ada sekitar 140.000 pengembang perangkat lunak baru. Sehingga, tingkat pengangguran dari bidang IT akan semakin kecil pada masa yang akan datang.

e. Contoh Kasus


Sebuah API adalah antarmuka software-to-software, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda, situs web tiket film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama-sama menggunakan API. Jenis integrasi ini disebut seamless, karena pengguna tidak pernah mendapatkan pemberitahuan bila fungsi perangkat lunak diserahkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Oleh karena itu sebuah API dapat dikatakan menyerupai Software as a Service (SaaS), karena pengembang perangkat lunak tidak harus mulai dari awal setiap kali mereka menulis sebuah program.


2. Trend SI/TI Dalam Bidang Bisnis

Di era serba teknologi kini banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa di ambil dari perkembangan teknologi itu sendiri. Banyak orang-orang yang merasa terbantu dengan hadirnya teknologi tersebut, tidak hanya sebatas perkembangan gadget tapi juga perkembangan di dunia bisnis.

a. Pengertian dan Tujuan Bisnis

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen .
Usahawan atau pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1. Sumber daya Materi
2. Sumber daya Manusia
3. Sumber daya Keuangan
4. Sumber daya Informasi
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.

Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

b. Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk E-Commerce ini.

c. Prosedur Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan

Prosedur pendirian bisnis dilakukan dengan melalui tahap - tahap berikut ini :
  • Tahapan pengurusan izin pendirian
  • Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
  • Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
  • Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain
Kontrak kerja adalah suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan.
Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan karyawan. Terdapat 3 sistem kontrak kerja, yaitu:
  • Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT)
  • Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT)
  • Kontrak kerja melalui outsourcing
Prosedur pengadaan tenaga kerja terdiri dari:
  1. Perencanaan Tenaga Kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya
  2. Penarikan Tenaga Kerja Penarikan tenaga kerja diperoleh dari 2 sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal.
  3. Seleksi Tenaga KerjaAda 5 tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan). 
  4. Penempatan Tenaga Kerjaadalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya.

d.  Aplikasi Bisnis

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam berbisnis diantaranya :
  • Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia dapat membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung dengan bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online. 
  • Evernote adalah salah satu aplikasi pencatat yang sedang populer di pasaran. Evernote telah terbukti membantu dalam menulis catatan/notes, ide – ide serta mengumpulkan artikel yang ditemukan pada saat browsing.
  • Feedly merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk berlanggan berita melalui feed atau RSS dari suatu website.

e. Proses dan Strategi Pengembangan Bisni TI

  • Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi solusi system alternative.
  • Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
  • Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi tujuan kebutuhan informasi pemakai.
  • Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran sebagai konsultan.

f.  Aturan e-business pada Bisnis

  1. Komunikasi, adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
  2. Komersial, adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang,  pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran  (pihak bank).
  3. Proses bisnis, setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan  perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
  4. Layanan, bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
  5. Learning, untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
  6. Kolaborasi, adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
  7. Komunitas, dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.

Sumber :

satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar